Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK GESTALT DALAM MENGATASI KONFLIK SOSIAL ANTAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
FITRIANI, NURUL. 2015. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Gestalt dalam Mengatasi Konflik Sosial antar Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs.Sukoco KW, M.Pd; Pembimbing II Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Gestalt, Konflik Sosial antar Peserta Didik Layanan bimbingan kelompok dengan teknik gestalt dalam mengatasi konflik sosial antar peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Tujuannya untuk mengetahui upaya dalam mengatasi konflik sosial antar peserta didik sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dengan teknik gestalt pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015, serta apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik gestalt efektif dalam mengatasi konflik sosial antar peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI AP sejumlah 140 dengan sampel sejumlah 21 peserta didik, yang memiliki konflik sosial antar peserta didik kategori tinggi, yang telah ditetapkan dengan teknik purposive simple. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Pearson Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis deskriftif persentase dan uji t-test. Dari hasil analisis data menggunakan deskriftif persentase diperoleh hasil pada kriteria rendah pre-test = 33,33% dan post-test = 14,29% artinya penurunan presentase dalam kriteria rendah sebanyak 19,04%, dan diperoleh hasil pada kriteria tinggi pre-test = 14,29% dan post-test = 42,86 % artinya peningkatan yang terjadi pada kriteria tinggi sebanyak 28,57%. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 9,015, nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 1% derajat kebebasan (dk) N-1 = 21-1 = 20, maka didapat ttabel = 2,845. Maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu (9,015 >2,845), yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi “Layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik gestalt efektif dalam mengatasi konflik sosial antar peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015”. Disarankan untuk pihak sekolah khususnya guru BK untuk pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik gestalt agar lebih dioptimalkan, karena layanan ini efektif dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam mengatasi konflik sosial antar peserta didik. Sehingga diharapkan perkembangan peserta didik tidak terhambat kedepannya.
11115001310 | NUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain