Skripsi
KONTRIBUSI LAYANAN ORIENTASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMK DIPONEGORO LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ALFIANSYAH, RAGIL. 2015. NPM. 1111500235. Program Studi BK FKIP Universitas Pancasakti Tegal, Dengan Kontribusi layanan orientasi dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik kelas X SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Pembimbing I : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci : Layanan orientasi dan Pemahaman diri. Layanan orientasi merupakan usaha bantuan yang diberikan kepada kelompok/individu dalam kehidupannya, sehingga dapat memahami potensi dalam dirinya. Pemahaman diri akan memiliki peluang yang besar dalam meraih cita-cita dari pada individu yang belum mengenal diri dengan baik, dan tujuan hidup yang realitis sesuai dengan potensi diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi layanan orientasi dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik kelas X SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian 274 Peserta didik, sampel sejumlah 25 orang, Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Cluster quota random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili. Sebagai variabel adalah layanan orientasi (variabel bebas) dan pemahaman diri (variabel terikat). Data di kumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan statistik uji-t. Tingkat pemahaman diri peserta didik kelas X SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sebelum diberikan layanan orientasi yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 2 peserta didik atau 8%, kategori sedang sebanyak 4 peserta didik atau 16%, kategori tinggi sebanyak 5 peserta didik atau 20%, kategori sangat tinggi sebanyak 14 peserta didik atau 56%. Sedangkan setelah diberikan layanan orientasi yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 1 peserta didik atau 4%, kategori sedang sebanyak 4 peserta didik atau 16%, kategori tinggi sebanyak 4 peserta didik atau 16%, kategori sangat
tinggi sebanyak 16 peserta didik atau 64%. Ada kontribusi yang signifikan layanan orientasi dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Kontribusi layanan orientasi dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik dalam kategori sangat tinggi, berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh nilai sebesar 3,597. Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 2,400 ini terlihat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,597 > 2,400. Maka dapat disimpulkan “Ada kontribusi yang signifikan layanan orientasi
terhadap meningkatnya pemahaman diri peserta didik kelas X SMK Diponegoro
Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun saran yang diajukan adalah kepada pihak sekolah disarankan lebih mendukung dalam layanan orientasi, kepada guru pembimbing supaya lebih bervariatif dalam memberikan layanan orientasi, dan kepada peserta didik agar permasalahan yang dialami dapat terentaskan.
11115002350 | RAG k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain