Skripsi
HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN ASAS KERAHASIAAN OLEH GURU BK DENGAN MINAT PESERTA DIDIK UNTUK MENGIKUTI KONSELING PERORANGAN (Penelitian korelasi pada Peserta Didik Kelas XI SMKN 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015)
HAERUDIN, MUHAMMAD HERU. 2015. Hubungan Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Asas Kerahasiaan Oleh Guru BK Dengan Minat Peserta Didik Untuk Mengikuti Konseling Perorangan (Penelitian Korelasi pada Peserta Didik Kelas XI SMKN 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Drs. Sukoco. KW., M.Pd.
Kata kunci : Persepsi peserta didik, minat peserta didik, pelaksanaan asas kerahasian. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik terahdap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK, untuk mengetahui minat peserta didik untuk mengikuti konseling perorangan serta untuk mengetahui hubungan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat peserta didik untuk mengikuti konseling perorangan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMKN 1 Pemalang tahun pelajaran 2014/ 2015 sebanyak 400 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster kuota random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 10 % dengan jumlah 40 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2,5 % peserta didik kelas XI SMKN 1 Pemalang memiliki persepsi yang sangat baik, memiliki 20 % persepsi yang baik, memiliki 25 % persepsi yang cukup baik, memiliki 27,5 % persepsi yang kurang baik, memiliki 15 % persepsi yang jelek dan memiliki 10 % persepsi yang sangat jelek. Dan 5 % peserta didik kelas XI SMKN 1 Pemalang memiliki minat yang sangat tinggi, 20 % memiliki minat yang tinggi, 27,5 % memiliki minat yang cukup tinggi, 32,5 % memiliki minat yang kurang tinggi, 12,5 % memiliki minat yang rendah dan 2,5 % memiliki minat yang sangat rendah. Sedangkan hubungan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat peserta didik untuk mengikuti konseling perorangan memiliki korelasi yang signifikan, dengan perolehan rhitung 0,786 dengan n= 40 yaitu rtabel 0,321 pada taraf signifikansi 0,05 % berada pada kategori cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada lembaga sekolah untuk memperhatikan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan layanan konseling perorangan, kepada pihak guru BK disarankan untuk memberikan informasi dan mengajak peserta didik untuk layanan konseling perorangan, bagi pihak orang tua disarankan untuk lebih memperhatikan dan memantau perkembangan anaknya kaitannya dengan masalah – masalah peserta didik, dan kepada peserta didik untuk dapat lebih memaksimalkan lagi dalam pemanfaatan layanan konseling perorangan.
11125001990 | HAE h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain