Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN MENGENAI POTENSI BEKOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK BHAKTI PRAJA TALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Fadillah, Muhamad. 111500122. 2015. Keefektifan layanan Bimbingan Kelompok Untuk Memberikan Pemahaman Mengenai Potensi Berkomunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X SMK Bhakti Praja Talang Tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs.Sukoco KW, M.Pd. Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Potensi Berkomunikasi Interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Tingkat pemahaman mengenai potensi berkomunikasi interpersonal sebelum dilakukannya bimbingan kelompok 2) Tingkat pemahaman mengenai potensi berkomunikasi interpersonal setelah dilakukannya bimbingan kelompok 3) Keefektifan layanan bimbingan kelompok untuk memberikan pemahaman mengenai potensi berkomunikasi Interpersonal peserta didik kelas X Di SMK Bhakti Praja Talang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen, desain penelitian adalah pre experimental design dengan desain penelitian the one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 260 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan jumlah populasi 260 peserta didik maka peneliti akan mengambil 10% dari populasi dan diperoleh sampel sebanyak 26 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan potensi berkomunikasi interpersonal sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan statistik uji t (t test). Berdasarkan penghitungan diperoleh nilai thitung sebesar 4,347. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 26 – 1 = 25 dimana diperoleh ttable = 2,056 ternyata thitung = 4,347 > ttabel = 2,056. Yang berari menerima Hipotesis alternatif yang berbunyi “ada keefektifan layanan bimbingan kelompok untuk memberikan pemahaman mengenai potensi berkomunikasi interpersonal peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Talang Tahun Pelajaran 2014/2015.”. Saran bagi sekolah diharapkan mendukung kegiatan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan potensi berkomunikasi peserta didik maupun pada permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah.
11115001220 | MUH k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain