Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL SOSIAL INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (Studi eksperimen matematika pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 10 Kota Tegal TahunPelajaran 2014 / 2015)
Kata Kunci : Keefektifan, Model PembelajaranProblem Based Learning(PBL), Model Pembelajaran Sosial Inkuiri, Prestasi Belajar Matematika.
Kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran seperti model Konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran menyebabkan prestasi beberapa siswa khususnya di SMP N 10Kota Tegal masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaranPBL, model pembelajaran Sosial Inkuiri dan model pembelajaran Konvensional yang nilainya melampaui KKM2) adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL, model pembelajaranSosial Inkuiri dan model Konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 3) adanya model pembelajaran yang paling efektif pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajarn PBL, model pembelajaran Sosial Inkuiri dan model Konvensional di SMP Negeri 10Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi peneltian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII semester genapyang berjumlah 96 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan tes. Isntrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji anava satu jalur yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) prestasi belajar siswa yang diajar model PBL, model Sosial Inkuiri dan model Konvensional yang nilainya nilainya telah melampaui KKM 2) Adanya perbedaan pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran ProblemBased Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran Sosial Inkuiri dan pembelajaran Konvensional, 3) Model pembelajaran PBLlebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Sosial Inkuiri dan pembelajaran Konvensional.
17115001020 | SOL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain