Skripsi
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. MUHAMMADIYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2014/2015
Mulyani, Dwi Amalia. 1111500180. 2015. Efektifitas Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Sri Sumarsih, M.Pd Pembimbing II Dr. Maufur, M.Pd Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Konsep Diri Positif Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya peserta didik yang memiliki konsep diri positif rendah atau masih negatif, gejala yang nampak yaitu peserta didik pesimis sering mengeluh, emosional, gugup berbicara di depan kelas, suka menyendiri, kurang suka berkumpul dengan teman-temanya, dan banyak peserta didik yang masih memiliki perasaan rendah diri, dan tidak mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifitasan pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri positif pada peserta didik kelas VIII MTs.Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, desain penelitian adalah pra-eksperimental dengan desain the one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 106 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik proposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 21 peserta didik. Instrumen penelitian diuji dengan menggunakan uji validitas korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas alpha cronbach. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test. Hasil konsep diri positif sebelum pelaksanaan bimbingan kelompok diperoleh 66,7% pada kategori rendah, sedangkan hasil konsep diri positif sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok diperoleh 55,1% pada kategori sangat tinggi. Dan hasil perhitungan dengan analisis dari nilai uji t-test diperoleh hasil angka ketercapaian thitung sebesar 7,382 yang dikonsultasikan dengan ttabel = 2,086 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 20, kemudian dari perolehan tersebut dapat dinyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (7,382 > 2,086) yang berarti terdapat adanya efektifitas pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok efektif dalam mengembangkan konsep diri positif pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2014/2015. Saran yang diberikan yaitu sekolah dapat memberikan kebijakan terhadap terlaksananya layanan bimbingan kelompok untuk mengembangkan konsep diri positif peserta didik agar tertangani secara tepat oleh guru BK.
11115001800 | MUL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain