Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP NEGERI 2 KETANGGUNGAN PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Kata Kunci : Prestasi belajar, Problem Based Learning, Kurikulum 2013.
Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan prestasi kelas VIII C SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, karena prestasi belajar pada materi pokok ini jauh dari KKM, selain itu materi pokok ini merupakan materi esensial yang sering keluar dalam ulangan semester maupun ujian nasional. Manfaat penelitian adalah bagi peserta didik, guru, dan sekolah. Model pembelajaran kurikulum 2013 menitikberatkan pada pola atau model yang mendukung terjadinya proses pembelajaran saintifik, seperti Problem Based Learning. Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memilih model pembelajaran ini karena tepat untuk meningkatkan prestasi pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, di mana tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 32 orang. Indikator keberhasilan adalah nilai peserta didik secara individu untuk kompetensi pengetahuan 3,00, kompetensi keterampilan 3,00 dan kompetensi sikap 2,80 serta secara klasikal ketiga kompetensi 75 % mencapai KKM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pokok sistem persamaan linear dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berhasil, bila kelompok yang dibentuk maksimal 4 orang dengan penyebaran kemampuan merata, dilakukan diskusi kelompok dan diskusi antar kelompok serta bimbingan guru pada setiap kelompok dilakukan secara optimal.
17115001580 | FIR u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain