Skripsi
PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LAB SCHOOL PANCASAKTI TEGAL TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015
Nurjanah, Mutia. 1111500125. 2015. Judul Skripsi “Penerapan Strategi Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Lab School Pancasakti Tegal Tahun Ajaran 2014/2015”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd Kata Kunci : Strategi Self Management , Disiplin Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat disiplin belajar peserta didik yang cukup tinggi di SMA Lab School Pancasakti Tegal. Permasalahan tesebut memberikan dampak yang buruk, yaitu menurunnya prestasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMA Lab School Pancasakti Tegal.
Untuk mendukung penelitian ini maka diketengahkan teori tentang pengertian, prosedur, tujuan, kendala strategi self management serta teori tentang pengertian, jenis, faktor-faktor disiplin belajar. Sebagai populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI dengan menggunakan jenis penelitian populasi karena jumlah keseluruhan peserta didik kelas XI hanya berjumlah 26 peserta didik, sebagai sampel dengan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase setiap variabelnya. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar menggunakan analisi uji t.
Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan 1) tingkat disiplin belajar peserta didik sebelum penerapan strategi self management bahwa skor persentase terbanyak 8 peserta didik atau sejumlah 30,8% yaitu dalam kriteria rendah 2) tingkat disiplin belajar peserta didik setelah penerapan strategi self management menunjukan bahwa skor persentase terbanyak 9 peserta didik atau sejumlah 34,6% yaitu dalam kriteria tinggi 3) hasil perhitungan analisi ujit diperoleh thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat dinyatakan penerapan strategi self management efektif dalam meningkatkan disiplin belajar.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran dari penulis, guru pembimbing hendaknya memperhatikan dan meningkatkan program layanan bimbingan dan konseling disekolah terkait disiplin belajar peserta didik, sehingga disiplin belajar peserta didik dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Selain mengoptimalkan penerapan strategi self management dan disiplin belajar peserta didik, guru pembimbing juga harus memperhatikan faktor lain.
11115001250 | MUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain