Skripsi
ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KOTA TEGAL TAHUN 2014
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu kota Tegal Tahun 2014.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan dan mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal Tahun 2014.
Dalam penulisan skripsi ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan pelayanan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal serta mengetahui kondisi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian mengenai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal Tahun 2014 menunjukan kinerja unit pelayanan berpredikat “BAIK” dengan nilai IKM 80. Dari ke sembilan unsur dalam penelitian ini terdapat lima unsur dengan kategori baik, yaitu: persyaratan, prosedur, produk spesifikasi jenis pelayanan, maklumat pelayanan, dan penaganan pengaduan , kritik dan saran. Serta empat unsur yang menurut responden dalam kodisi sangat baik yaitu: waktu pelayanan, biaya/tarif, kompetensi pelaksana, dan perilaku pelaksana.
Saran untuk penelitian ini adalah agar Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal melakukan upaya-upaya meningkatkan kualitas pelayanan, khusunya unsur yang masih dalam kategori baik supaya menjadi sangat baik.
Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat
21115000030 | WAH a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain