Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) PESERTA DIDIK KELAS X SMK SATYA PRAJA 2 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2014/2015
LESTARI, PUSDIKA. 1111500213. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peeningkatan Kemampuan Sosial (SocialSkill) Peserta Didik Kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Bimbingan Dan Konseling. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Kemampuan Sosial Peserta Didik Keberhasilan terhadap kemampuan sosial pada peserta didik sangat ditentukan oleh pemberian layanan bimbingan kelompok di sekolah. Permasalahannya adalah bgaimana keefektifan layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan sosial peserta didik. Dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan sosial pada peserta didik sebelum dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian sejumlah 160 peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sample ditetapkan 32 peserta didik. Metode pengumpulan data adalah angket, observasi, dokumentasi. Uji validitas dengan korelasi Korelasi Poduct Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crownbach. Adapun uji validitas Try Out semuanya dinyatakan valid dan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Analisis data dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan T-test. Hasil penelitian pada peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2014/2015, ditemukan bahwa sebelum perlakuan layanan bimbingan kelompok ada 12 peserta didik dengan prosentase sebesar 37,5% dalam kriteria rendah.
Setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2014/2015 meningkat menjadi 13 peserta didik dengan prosentase sebesar 40,6% dalam kriteria tinggi.
Disarankan pada peserta didik untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok secara aktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosial.Kepada pihak sekolah dan guru, dapat memperhatikan dan mengarahkan peserta didik agar dapat meningkatkan kemampuan sosial dalam berinteraksi baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
11115002130 | PUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain