Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKR SMK DIPONEGORO LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
HIDAYATI, TRIANA NUR. 1111500158. 2015. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas X TKR SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Maufur, M.Pd Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa tertarik peserta didik terhadap proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap prestasi akademik yang jauh dari standarisasi nilai sekolah. Diharapkan dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi, peserta didik mampu meningkatkan prestasi belajar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan rancangan pre experimental design dengan jenis rancangan design one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X TKR SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sejumlah 208 peserta didik dengan sampel sejumlah 21 peserta didik. Teknik yang digunakan ialah purposive random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode teknik angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis deskriftif persentase dan uji t-test. Dari hasil analisis data menggunakan deskriftif persentase diperoleh hasil mean pre-test sejumlah 76,524 atau 38,1% yang termasuk dalam kriteria rendah dan mean post-test sejumlah 87,831 atau 42,9% yang termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 6,725, nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 21-1=20 diperoleh ttabel = 2,086. Maka thitung (6,725) > ttabel (2,086) maka dapat diambil simpulan bahwa ada efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar peseta didik kelas X TKR SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk berkonsultasi dengan guru BK jika memiliki masalah yang dapat menyebabkan motivasi belajar menjadi turun. Pihak kepala sekolah disarankan untuk melibatkan wali kelas, guru mapel dan guru BK untuk menangani masalah belajar. Pihak guru BK disarankan untuk memberi perhatian khusus pada peserta didik yang mengalami penurunan motivasi belajar.
11115001580 | HID e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain