Skripsi
PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ARDI SUBEKHI, MOCH FIRMAN. 2015. NPM. 1111500037. Program Studi BK FKIP Universitas Pancasakti Tegal, Penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Pembimbing I : Dr. Maufur, M.Pd., Pembimbing II : Drs. Soebianto, M.Pd.
Kata Kunci : Konseling Kelompok dengan pendekatan client centered dan Percaya diri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered pada peserta didik SMA N 1 Kramat, tingkat rasa kurang percaya diri sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered pada peserta didik, dan bagaimana setelah diberikan konseling kelompok dengan pendekatan client centered.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan pendekatan client centered pada peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat, untuk mengetahui tingkat rasa kurang percaya diri sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered, untuk mengetahui tingkat rasa kurang percaya diri setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered pada peserta didik SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah 288 Peserta didik, adapun sampel yang dipakai sejumlah 27 orang, Teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster quota random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered (variabel bebas) dan percaya diri (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. Penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dalam kategori sangat tinggi, berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh nilai sebesar 3,898. Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 2,056 ini terlihat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,898 > 2,056. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Disarankan untuk pihak sekolah lebih mendukung dalam layanan konseling kelompok, supaya guru pembimbing lebih bervariatif lagi dalam layanan konseling kelompok, misalnya dengan pendekatan client centered dan pendekatan lainnya, agar permasalahan peserta didik dapat terentaskan dengan baik.
11115000370 | SUB p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain