Skripsi
UPAYA MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI MUKA UMUM MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TERAPI KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS.MUHAMMADIYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SALAMAH.2015.“Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Terapi Kognitif Pada Peserta Didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dr.Hj.Sitti Hartinah DS,MM Pembimbing I dan Drs.Sukoco KW, M.Pd sebagai pembimbing II. Kata Kunci:Kecemasan Berbicara Di Muka Umum,Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Terapi Kognitif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konseling kelompok dengan teknik terapi kognitif dapat mengurangi kecemasan berbicara di muka umum pada peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Desain penelitiannya adalah pra eksperimen dengan desain perbandingan grup statis.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 106 peserta didik. Maka sampel dalam penelitian berjumlah 22 peserta didik kemudian di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. teknik sampling yang digunakan teknik non random sampling jenis purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket,Wawancara,Observasi Dan Dokumentasi. Uji Validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji realibilitas dengan sperman brown.Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif persentase dan rumus Uji ttes. Dari hasil perhitungan dengan analisis dari nilai Uji t-tes diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,050 perolehan nilai T-hitung tersebut kemudain dikonsultasikan dengan t-tabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 10 yaitu maka diperoleh t-tabel sebesar 2,228. Kemudian dari perolehan tersebut dapat dinyatakan bahwa t-hitung = 3,050>T-tabel =2,228 yang berarti hipotesis nihil dinyatakan ditolak dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi “Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Terapi Kognitif Optimal Dalam Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan konseling kelompok dengan teknik terapi kognitif, pihak guru pembimbing untuk slebih meningkatkan kegiatan konseling kelompok dengan teknik terapi kognitif dalam upaya untuk mengurangi kecemasan berbicara di muka umum.
11115000490 | SAL u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain