Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP TINGKAT ASERTIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. MUHAMMADIYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
INDAH RATNASARI. SRI. 2015.“Pengaruh Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Tingkat Asertivitas Peserta Didik Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Drs. Sukoco KW, M.Pd Pembimbing I dan Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM Pembimbing II Kata Kunci: Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial, Asertivitas Perilaku asertif bagi peserta didik sangat diperlukan karena tindakan asertif merupakan kepekaan individu dalam menghadapi masalah dan memiliki fungsi sebagai alat kontrol dalam berperilaku di masyarakat dan di sekolah Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap tingkat asertivitas peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap tingkat asertivitas peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 103 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sebanyak 26 peserta didik. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan penetapannya menggunakan 25% dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi dalam penelitian ini terwakili. Variabel penelitian adalah bimbingan pribadi-sosial (variabel bebas) dan asertivitas peserta didik (variabel terikat). Dengan alat pengupulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus korelasi product moment, dan Uji Reliabilitas dengan Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil perhitungan analisis deskriptif persentase bimbingan pribadi-sosial terletak dalam kriteria tinggi yaitu sebanyak 27%, dan tingkat asertivitas peserta didik terletak dalam kriteria cukup yaitu sebanyak 35%. Sedangkan pada perhitungan analisis korelasi dengan menggunakam rumus product moment diperoleh rhitung sebesar 0,563, kemudian dikonsoltasikan dengan rtabel pada taraf signifikan(Ts) 5% N=26 diperoleh harga rtabel 0,388, maka dapat disimpulkan rhitung> rtabel yang artinya hipotesisi kerja (Ha) diterima yang berbunyi ada pengaruh layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap tingkat asertivitas peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 dan menolak hipotesis nihil (Ho) Berdasarkan hasil penelitian, maka disaran untuk guru BK dapat memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial dalam penanganan masalah-masalah yang berhubungan dengan peserta didik yang memiliki tingkat asertivitas rendah, sedangkan saran untuk peserta didik dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan kepekaan sosial sehingga memperkuat tingkat asertivitas.
11115001480 | RAT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain