Skripsi
PENGARUH KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS. NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
RIYANTO, TOTO. 1111500226. 2015. “Pengaruh Konseling Kelompok Berpendekatan Behavioristik terhadap Perilaku Merokok pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. Negeri Model Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco KW., M.Pd, Pembimbing II: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Kata Kunci: Konseling kelompok, pendekatan behavioristik dan perilaku merokok.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perilaku peserta didik yang sudah membiasakan merokok dengan berbagai alasan antara lain, coba-coba, ingin merasakan, ikut-ikutan, kesepian, terlihat gaya, meniru orang tua, iseng, tidak dibilang banci, penghilang stres, dan sebagainya. Hal ini harus mendapatkan perhatian khusus guna pembentukan perkembangan jati diri peserta didik sebagai remaja yang menginjak dewasa dan tampil mencari jati diri menuju perkembangan diri yang lebih positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan konseling kelompok berpendekatan behavioristik, 2) Tingkat perilaku merokok pada peserta didik, dan 3) Apakah ada pengaruh konseling kelompok berpendekatan behavioristik terhadap perilaku merokok pada peserta didik kelas VIII MTs. Negeri Model Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi penelitian berjumlah 144 peserta didik, pengambilan sampel diambil dengan teknik purposive sampling diperoleh peserta didik yang telah ketahuan merokok yaitu sebanyak 16 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi, kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase dan statistik korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif, diketahui pelaksanaan konseling kelompok berpendekatan behavioristik di MTs. Negeri Model Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 tergolong dalam kategori tinggi (37,50%) pada interval skor 60-63 sebanyak 6 responden. Sedangkan tingkat perilaku merokok pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri Model Babakan tahun pelajaran 2014/2015 tergolong dalam kategori rendah (43,75%) pada interval skor 65-71 sebanyak 7 responden. Hasil analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,820 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 16 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,497, maka rxy > rtabel atau 0,820 > 0,497. Dengan demikian simpulan dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok berpendekatan behavioristik terhadap perilaku merokok pada peserta didik kelas VIII MTs. Negeri Model Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing dapat lebih mengoptimalkan layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik dalam merubah perilaku peserta didik yang negatif menjadi perilalku yang positif, khususnya dalam hal ini adalah perilaku merokok pada peserta didik
11115002260 | TOT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain