Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU BERPENDEKATAN CLIENT CENTERED DALAM MENGATASI KONSENTRASI BELAJAR RENDAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SETYAWAN, INDRA GIGIH. 2015. NPM. 1111500188. Program Studi BK FKIP Universitas Pancasakti Tegal, Keefektifan layanan konseling individu berpendekatan client centered dalam mengatasi konsentrasi belajar rendah peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Pembimbing I : Drs. Sri Sumarsih, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Layanan konseling individu berpendekatan client centered dan Konsentrasi belajar rendah. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsentrasi belajar rendah sebelum diberikan layanan konseling individu pada peserta didik, Bagaimana konsentrasi belajar rendah setelah diberikan layanan konseling individu pada peserta didik, Seberapa efektif pemberian layanan konseling individu sebagai upaya penanganan konsentrasi belajar rendah peserta didik SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan konseling individu berpendekatan client centered dalam mengatasi konsentrasi belajar rendah peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah 223 Peserta didik, adapun sampel sejumlah 23 orang, Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik Cluster quota random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini adalah layanan konseling individu berpendekatan client centered (variabel bebas) dan konsentrasi belajar rendah (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. Keefektifan layanan konseling individu berpendekatan client centered dalam mengatasi konsentrasi belajar rendah peserta didik dalam kategori sangat tinggi, berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh nilai sebesar 3,437. Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 2,695 ini terlihat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,437 > 2,695. Maka penelitian ini
menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Layanan konseling individu berpendekatan client centered efektif dalam mengatasi konsentrasi belajar rendah peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015, diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah Layanan konseling individu berpendekatan client centered efektif dalam mengatasi konsentrasi belajar rendah peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
11115001880 | SET k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain