Skripsi
HUBUNGAN SIKAP PERCAYA DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015
ASTIANI, INDAH WATI.1111500195. 2015.Hubungan Sikap Percaya Diri dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih M.Pd; Pembimbing II: Drs. Sukoco KW M.Pd.
Kata Kunci: Sikap Percaya Diri Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik. Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi di lapangan, menunjukkan bahwa sebagai peserta didik memiliki sikap kurang percaya diri dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sikap percaya diri dengan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Kab. Tegal Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 286 peserta didik, adapun sampel 10% diambil dari jumlah populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 28 terdiri kelas VII A : 3, VII B : 4, VII C : 3, VII D : 3, VII E : 3, VII F : 3, VII G : 3, VII H : 3, VII I : 3. Dari 48 item pernyataan diperoleh 44 item pernyataan yang valid, nilai reliabilitas yang tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reabilitas dengan rumus Korelasi Spearman Brown.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sikap percaya peserta didik dalam kategori tinggi, dengan angka presentase sebesar 28,6% sedangkan motivasi belajarpeserta didik dalam kategori tinggi, dengan angka presentase sebesar 25%.. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy sebesar 0,935 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 28 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,374, maka dalam penelitian ini hasilnya yaitu rxy> rtabel atau 0,935 > 0,374, artinya terdapat hubungan sikap percaya dengan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Ajaran 2014/2015” Saran bagi pihak guru BK hendaknya Peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah perlu diberikan bimbingan agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Bagi peserta didik yang memiliki sikap percaya diri rendah perlu diberikan bantuan, agar peserta didik dapat meningkatkan sikap percaya diri dalam dirinya.
11115001950 | AST h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain