Skripsi
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
BAHARI.WIDIYAS WIJAYANTI ASRI 1111500063.2015. “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavioristik Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM, Pembimbing II: Drs. Sukoco KW, M.Pd Kata Kunci :Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavioristik, Rasa Percaya Diri Berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi di lapangan, menunjukan bahwa peserta didik masih memiliki rasa percaya diri yang rendah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan percaya diri dan mengetahui dapat atau tidaknya layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik diterapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VII SMP N 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian Pre-Experimental design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII sejumlah 138 dengan sampel sejumlah 20 peserta didik yang kurang memiliki rasa percaya diri rendah telah ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode teknik angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Pearson Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis deskriftif persentase dan uji t-test. Dari hasil analisis data menggunakan deskriftif persentase diperoleh hasil pada kriteria rendah pre-test = 45% dan post-test = 10% artinya penurunan presentase dalam kriteria rendah sebanyak 35%, dan diperoleh hasil pada kriteria tinggi pre-test = 10% dan post-test = 40 % artinya peningkatan yang terjadi pada kriteria tinggi sebanyak 30%. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 14,565, nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan tarafsignifikan 1% dan derajat kebebasan N-1 = 20-1 = 19, maka didapat ttabel = 2,861. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga dapat diambil simpulan bahwa layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dapat diterapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VII SMP N 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Disarankan bagi pihak sekolah untuk lebih meningkatkan layanan bimbingan kelompok terhadap peserta didik dengan menyediakan sarana dan prasarana yang lebih memadai. Peningkatan rasa percaya diri peserta didik melalui peran serta dari semua pihak sekolah.
11115000630 | BAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain