Skripsi
KONTRIBUSI LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN REALITA UNTUK MENGATASI RASA KURANG PERCAYA DIRI DALAM BERGAUL PADA PESERTA DIDIK KELAS X TPMI SMK SATYA PRAJA 2 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SETYANINGRUM, RIANI 2015. NPM : 1111500043. Judul Skripsi : “Kontribusi Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Realita Untuk Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri dalam Bergaul Pada Peserta Didik Kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM ; Pembimbing II: Dr. Maufur. Kata Kunci : Konseling Kelompok Berpendekatan Realita dan Rasa Percaya Diri dalam Bergaul. Penelitian ini membahas bagaimana kontribusi layanan konseling kelompok berpendekatan realita. Permasalahan utamanya adalah rasa kurang percaya diri dalam bergaul pada peserta didik kelas X TPMI SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang, sehingga menjadikan peserta didik kurang berani berinteraksi dalam bergaul di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi layanan konseling kelompok berpendekatan realita untuk mengatasi rasa kurang percaya diri dalam bergaul. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format semi eksperimen dengan desain pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah sejumlah 168 dengan purposive sampling 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat rasa percaya diri dalam bergaul sebelum pemberian layanan konseling kelompok berpendekatan realita dalam kriteria rendah (33,3%) sebanyak 8 peserta didik. Sedangkan, sesudah pemberian layanan konseling kelompok berpendekatan realita dalam kriteria tinggi (41,7%) sebanyak 10 peserta didik. Hasil uji t-test diperoleh thitung sebesar 7,835 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 1 % atau ( 1 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 24 – 1 = 23, dinyatakan bahwa ttabel = 2,500, jadi thitung = 7, 835 > ttabel = 2,500 yang berarti hipotesis nihil dinyatakan ditolak dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi “Ada kontribusi layanan konseling kelompok berpendekatan realita untuk mengatasi rasa kurang percaya diri dalam bergaul pada peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Simpulan hasil penelitian ini adalah pelaksanaan layanan konseling kelompok berpendekatan realita berkontribusi terhadap peningkatan rasa percaya diri dalam bergaul pada peserta didik. Saran bagi sekolah adalah bagaimana cara meningkatkan pemahaman peserta didik tentang rasa percaya diri dalam bergaul dan memaksimalkan penanganan melalui pelaksanaan layanan.
11115000430 | RIA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain