Skripsi
KEEKEKTIFAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING YANG DILENGKAPI BRAIN STORMING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Pangkah Tahun Ajaran 2014/2015 untuk Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok)
Kata Kunci : Keefektivan, Reciprocal Teaching, Brain Storming, Prestasi Belajar.
Tujuan Penelitian ini untuk (1)Mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dilengkapi yang Brain Storming dengan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui pembelajaran yang lebih efektif digunakan antara Reciprocal Teaching yang dilengkapi Brain Storming dan pembelajaran ekspositori pada materi materi bangun ruang kubus dan balok
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yaitu membandingkan pembelajaran Reciprocal Teaching dilengkapi Brain Storming dengan pembelajaran Ekspositori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Pangkah tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 9 kelas yang berjumlah 322 siswa. Sampel penelitian diambil dengan metode Cluster Random Sampling diperoleh 2 kelas sampel yaitu VIII B sebagai kelas Eksperimen sebanyak 34 siswa, kelas VIII A sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa.
Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes prestasi, bentuk tes yang digunakan adalah pihak ganda. Dengan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan Reciprocal Theaching yang dilengkapi Brain Storming dengan yang di ajar menggunakan pembelajaran Ekspositori. (2) Pembelajaran Reciprocal Theaching dilengkapi Brain Storming lebih efektif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika.
17115000360 | RAK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain