Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENUGASAN MENGGUNAKAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Bangun Rua
Kata Kunci : keefektifan, cooperative leaning, STAD, quipper school, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan penugasan menggunakan Quipper School dengan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa penugasan menggunakan Quipper School. (2) model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan penugasan menggunakan Quipper School lebih efektif dibandingkan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa penugasan menggunakan Quipper School terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan penugasan menggunakan Quipper School dengan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa penugasan menggunakan Quipper School. (2) model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan penugasan menggunakan Quipper School lebih efektif dibandingkan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa penugasan menggunakan Quipper School terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
17115001090 | RAM k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain