Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Intelligence Quotient, Prestasi Belajar Matematika
Sebagian besar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tegal mempunyai prestasi belajar matematika yang rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan melibatkan peserta didik lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E mencapai targetnya, (2) Adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E dengan model pembelajaran konvensional, (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ) diatas rata-rata, (4) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E tidak lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional ditinjau dari IQ rata-rata.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri atas 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf signifikansi 5% adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji anava dengan rancangan acak kelompok, uji-t satu pihak kanan, dan uji-t satu pihak kiri, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E pada materi segi empat yang nilainya lebih dari atau sama dengan 60 melampaui 75 %, (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E dengan model pembelajaran konvensional, (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional ditinjau dari IQ diatas rata-rata, (4) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model Learning Cycle 5E lebih baik atau sama dengan yang diajar model pembelajaran konvensional ditinjau dari IQ rata-rata.
17115000550 | MUN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain