Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Korelasi pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP se-Kecamatan Margadana Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar Matematika, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : (1) adanya pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, (2) adanya pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika dan (3) adanya pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar matematika dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP se-Kecamatan Margadana tahun pelajaran 2014/ 2015 sebanyak 518 peserta didik dari lima SMP baik SMP Negeri ataupun SMP Swasta. Sebagai sampel penelitian ini sebanyak 267 peserta didik yang diambil dengan teknik Proporsional Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII semester II SMP se-Kecamatan Margadana Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015, yaitu sebesar 48,68%, (2) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII semester II SMP se-Kecamatan Margadana Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015, yaitu sebesar 43,68% dan (3) ada pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar matematika dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII semester II SMP se-Kecamatan Margadana Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015, yaitu sebesar 55,44%.
17115001080 | NOV p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain