Skripsi
KONTRIBUSI KECERDASAN , STATUS SOSIAL EKONOMI , PERSEPSI SISWA PADA FASILITAS SEKOLAH DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Kausal Komparatif Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2
Kata kunci : Kontribusi, Kecerdasan, Status Sosial Ekonomi, Fasilitas Sekolah, Metode Pembelajaran dan Prestasi Belajar Matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Kecerdasan (IQ), Status Sosial Ekonomi, Persepsi siswa pada Fasilitas Sekolah dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester genap SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 362 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 40 % dari banyak kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur dimana data diuji terlebih dahulu dengan uji liliefors dan bartlet.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, kecerdasan berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan besar kontribusi 40,9 %. Status sosial ekonomi berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan besar kontribusi 8,9 %. Persepsi siswa pada Fasilitas sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan besar kontribusi 22,5 %. Persepsi siswa pada Metode Pembelajaran berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan besar kontribusi 26,8 %. Sedangkan besar kontribusi kecerdasan, status sosial ekonomi, Persepsi siswa pada fasilitas sekolah dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika belum diketahui kerana adanya multikolinieritas pada variabel kecerdasan, Persepsi siswa pada fasilitas sekolah dan metode pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa agar lebih memanfaatkan dan menjaga segala fasilitas sekolah yang tersedia. Pihak sekolah harus lebih cermat dalam membuat kebijakan terutama dalam pembayaran biaya pendidikan dengan mempertimbangkan status sosial ekonomi orang tua para peserta didik. Orang tua disarankan mampu memberikan sarana penunjang pendidikan yang lebih optimal dan selalu memantau perkembangan putra putri mereka serta selalu memotivasi supaya lebih giat belajar.
17105000060 | SAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain