Skripsi
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY DAN TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1BULAKAMBA BREBES TAHUN 2014/2015 PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT
Kata Kunci : Studi Komparasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray , Model Pembelajaran Tipe Snowball Throwing, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian adalah (1) untuk membuktikan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray dan model pembelajaran Snowball Throwing peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2014/2015 dan, (2) untuk membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian dilakukan pada peserta didik SMP N 1 Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2014/2015. Populasi semua peserta didik kelas VIII sebanyak 317 peserta didik yang terbagi dalam 8 kelas. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik cluster random sampling diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama-nama peserta didik kelas VIII dan nilai UTS matematika semester II tahun 2014/2015. Metode tes untuk memperoleh hasil tes prestasi peserta didik materi pokok persamaan kuadrat. Teknik analisis data menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray dan model pembelajaran Snowball Throwing peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2014/2015. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
17115000050 | FIT s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain