Skripsi
INTERFERENSI LEKSIKAL DALAM WACANA POLITIK PADA TEKS PIDATO SOEKARNO DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Sudrajat, Adi. 2015. “Interferensi Leksikal Dalam Wacana Politik Pada Teks Pidato Soekarno dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.; Pembimbing II Drs. Bowo Hermaji, M.Pd/Lely Triana, M.Pd. Kata kunci: Interferensi, Pidato, Implikasi Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan interferensi dalam wacana politik pada teks pidato Soekarno, dan untuk mendeskripsikan implikasinya bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X Semester 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Objek penelitian yang digunakan adalah Interferensi dalam wacana politik pada teks pidato Soekarno tentang Pancasila dan Amanat P.J.M Presiden/Panglima Tertinggi ABRI Pimpinan Besar Revolusi Sumber data dari penelitian ini adalah teks pidato Soekarno tentang Pancasila dan Amanat P.J.M Presiden/Panglima Tertinggi ABRI Pimpinan Besar Revolusi. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang terdapat di dalam teks pidato. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan. Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal yang berupa deskripsi tentang penggunaan bahasa asing dalam teks pidato Soekarno. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada teks pidato Pancasila dan Amanat P.J.M Presiden/Panglima Tertinggi ABRI Pimpinan Besar Revolusi terdapat interferensi leksikal, yaitu pengaruh kata dari bahasa yang satu ke bahasa yang lain atau masuknya kata atau leksem dari bahasa lain ke dalam bahasa sasaran. Dan hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X semester 2.
Bedasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru bisa memperoleh pengetahuan yang dapat menunjang pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pihak siswa Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, siswa dapat menambah khasanah ilmu bahasa khususnya tentang kajian wacana. Dan bagi para peneliti selanjutnya, khususnya tentang interferensi dapat mengembangkan dan memperhatikan data penelitian karena penelitian sebelumnya masih jauh dari sempurna.
15105000020 | ADI i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain