Skripsi
PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Pendidikan, Kedisiplinan Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Prestasi Belajar Matematika
Penelitian yang dilakukan pada kelas X SMA Negeri Se-kota Tegal tahun pelajaran 2014/ 2015 ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya (1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika, (3) Pengaruh kedisiplinan belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 1365 peserta didik yang terdiri atas lima sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan cluster random sampling dengan taraf signifikansi 5%. Mengacu pada tabel penentuan sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan Issac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 279 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas.
Hasil penelitian pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan(1) kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan pengaruh sebesar 30,6%, (2) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika dengan pengaruh sebesar 16,3%, dan (3) kedisiplinan belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika dengan pengaruh sebesar 40,2%.
17115001220 | NOV p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain