Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS POSTER DENGAN METODE MODELING THE WAY MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KARTUN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WARUREJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MARSELA, AMBARWATI. 2015. “Pembelajaran Menulis Poster dengan Metode Modeling The Way melalui Pemanfaatan Media Kartun pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Dra. Hj. Sri Mulyati, M.Pd. Kata Kunci: Metode Modeling The Way, Pembelajaran Menulis Poster. Penelitian ini membahas metode modelin the way pembelajaran menulis poster pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Warureja. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja? (2) Bagaimana kemampuan menulis poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja dengan menggunakan metode modeling the way?(3) efektifitas metode modeling the way pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja?Tujuan penelitian ini adalah (1) kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja (2) kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja dengan menggunakan metode modeling the way.(3) keefektifan metode modeling the way dalam pembelajaran menulis poster pada kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 307 siswa, sampel 60 siswa dibagi menjadi dua kelompok (eksperimen 30 dan kontrol 30). Sumber data penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk praktikum, sedangkan teknik analisis data melalui uji t-non independen dan uji-t independen. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,5, sedangkan pada kelas kontrol 59,16. Artinya, metode modeling the way dalam pembelajaran Menulis Poster pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2014/2015 bermanfaat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran menulis poster . Hasil uji t-non independen dengan taraf signifikansi 0,05% dan t tabel 1,70, pada kelas eksperimen diperoleh hasil 17,0 dan pada kelas kontrol 6,32. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode modeling the way lebih efektif dibandingkan dengan tidak menggunakan metode modeling the way dalam pembelajaran menulis poster, karena hasil uji t-non independen menunjukan bahwa hasil kelas eksperimen lebih besar dibandingkan hasil kelas kontrol yaitu 17,0 > 6,32. Pada hasil uji t-independen dengan taraf signifikansi 0,05% dan t tabel 1,70 diperoleh hasil 4,26. Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode modeling the way efektif digunakan pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2014/2015.
15105000110 | AMB p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain