Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN MUSIK DI TELEVISI DAN KEBIASAAN MEMBACA CERITA BERSAMBUNG (CERBUNG) TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK PENGALAMAN PRIBADI
PURWANTI, RESTI. 2015. Pengaruh Kebiasaan Menyimak Tayangan Musik di Televisi dan Kebiasaan Membaca Cerita Bersambung (Cerbung) terhadap Kemampuan Peserta Didik Kelas X SMA dalam Menulis Puisi Pengalaman Pribadi. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. H. Dandan Supratman, M.Pd.; Pembimbing II Dra. Sri mulyati, M.Pd. Kata Kunci: Kebiasaan Menyimak Tayangan Musik di Televisi, Kebiasaan Membaca Cerita Bersambung (Cerbung), Kemampuan Peserta Didik dalam Menulis Puisi Pengalaman Pribadi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meyakinkan pengaruh yang paling kuat antara kebiasaan menyimak tayangan musik di televisi dan kebiasaan membaca cerita bersambung (cerbung) terhadap kemampuan peserta didik kelas X SMA dalam menulis puisi pengalaman pribadi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA, yaitu sebanyak 500 orang yang diambil dari dua sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 peserta didik dari dua sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebiasaan menyimak tayangan musik di televisi lebih tinggi pengaruhnya daripada kebiasaan membaca cerita bersambung (cerbung) terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis puisi dengan tingkat pengaruhnya sebesar 23,6%. Kemudian diketahui kebiasaan membaca cerita bersambung berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis puisi pengalaman pribadi dengan tingkat pengaruhnya sebesar 12,4%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menyimak tayangan musik di televisi dan kebiasaan membaca cerita bersambung terhadap kemampuan peserta didik dengan tingkat pengaruh sebesar 36%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan kebiasaan menyimak tayangan musik di televisi dan meningkatkan kebiasaan membaca cerita bersambung (cerbung) untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi pengalaman pribadi. Guru hendaknya menerapkan kepada peserta didik agar mereka lebih meningkatkan kebiasaan menyimak tayangan musik di televisi dan kebiasaan membaca cerita bersambung (cerbung) sehingga kemampuan peserta didik dalam menulis puisi pengalaman pribadi semakin meningkat.
15115001020 | RES p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain