Skripsi
PERAN TOKOH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA NOVEL AISYAH PUTRI KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
HADIYATI, SILVIA PUTRI. 2015. “Peran Tokoh dalam Membentuk Karakter pada Novel Aisyah Putri Karya Asma Nadia dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Pembimbing II Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Kata kunci :peran, karakter, implikasi, pembelajaran sastra. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah tokoh dan penokohan dalam novel Aisyah Putri karya Asma Nadia? 2) Bagaimanakah peran tokoh dalam membentuk karakter pada novel Aisyah Putri karya Asma Nadia? 3) Bagaimanakah implikasi peran tokoh dalam membentuk karakter pada novel Aisyah Putri karya Asma Nadia terhadap pembelajaran sastra di SMA? Berdasarkan masalah yang penulis rumuskan, maka tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan tokoh dan penokohan dalam novel Aisyah Putri karya Asma Nadia. 2) Mendeskripsikan peran tokoh dalam membentuk karakter pada novel Aisyah Putri karya Asma Nadia. 3) Mendeskripsikan implikasi peran tokoh dalam membentuk karakter pada novel Aisyah Putri karya Asma Nadia terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah novel Aisyah Putri karya Asma Nadia dan referensi-referensi lainnya sebagai bahan pendukung teori yang akan digunakan sebagai bahan analisis. Wujud data dalam penelitian ini berupa wacana yang menggambarkan peran tokoh dalam membentuk karakter pada novel Aisyah Putri karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka yaitu dengan cara mencari data dari buku-buku yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang penerapannya bersifat menuturkan, memaparkan, menganalisis dan menafsirkan. Berdasarkan analisis, penulis menemukan bahwa terdapat 7 karakter tokoh yang berperan dalam membentuk karakter pembacanya yaitu 1) Berpegang teguh pada keyakinan dan keimanan kepada Tuhan. 2) Kerja keras. 3) Berbakti kepada orang tua. 4) Kesetiakawanan. 5) Melaksanakan amanat secara konsekuen. 6) Berakhlakul karimah kepada semua orang. 7) Memiliki wawasan luas. Karakter-karakter tersebut sangat berpengaruh dalam membentuk karakter pembaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa novel Aisyah Putrikarya Asma Nadia dapat dijadikan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran sastra di SMA pada kelas XI semester 2 karena dapat memberikan pandangan pengetahuan tentang karakter-karakter tokoh dan peranannya dalam membentuk karakter pembaca.
15115001100 | HAD p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain