Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN MEMASAK DI TELEVISI DAN KEBIASAAN MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS
WINARTI, LATHOIFUL. 1511500080, 2015. Pengaruh Kebiasaan Menyimak Tayangan Memasak di Televisi dan Kebiasaan Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler terhadap Kemampuan Peserta Didik Kelas X dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. Dandan Supratman, M.Pd.; Pembimbing II Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Kata Kunci: Kebiasaan Menyimak Tayangan Memasak di Televisi, Kebiasaan Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler, Kemampuan Peserta Didik dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks. Tujuan penelitian ini untuk meyakinkan pengaruh yang lebih kuat antara kebiasaan menyimak tayangan memasak di televisi dan kebiasaan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler terhadap kemampuan peserta didik kelas X SMA dalam menulis teks prosedur kompleks. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA, yaitu sebanyak 500 orang yang diambil dari dua sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 peserta didik dari dua sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji validitas, reliabilitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan menyimak tayangan memasak di televisi lebih rendah pengaruhnya daripada kebiasaan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur kompleks dengan tingkat pengaruhnya sebesar 13,7%. Kemudian diketahui kebiasaan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler berpengaruh kuat terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur kompleks dengan tingkat pengaruhnya sebesar 17,1%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menyimak tayangan memasak di televisi dan kebiasaan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler terhadap kemampuan peserta didik kelas X SMA dalam menulis teks prosedur kompleks dengan tingkat pengaruh sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan kebiasaan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X SMA dalam menulis teks prosedur kompleks. Guru disarankan agar mampu membimbing peserta didik untuk aktif di dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.
15115000800 | LAT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain