Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK IMPROVISASI DALAM PEMBELAJARAN DRAMA PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SANTOSO, EKO NUR.2015. “Keefektifan Teknik Improvisasi dalam Pembelajaran Drama pada Kelas XI di SMA Negeri 2 PemalangTahunPelajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Dra. Hj. Sri Mulyati, M.Pd. Kata Kunci: TeknikImprovisasi, Pembelajaran Drama. Penelitian ini membahas keefektifan teknik improvisasi dalam pembelajaran drama pada kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam berperan drama ? (2) Apakah teknik improvisasi efektif jika diterapkan dalam pembelajaran drama pada kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan siswa menggunakan teknik improvisasi dalam pembelajaran drama pada kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 (2) Mendeskripsikan keefektifan teknik improvisasi dalam pembelajaran drama pada kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 350 siswa, sampel 60 siswa dibagi menjadi dua kelompok (eksperimen 30 dan kontrol 30). Sumber data penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk praktikum, sedangkan teknik analisis data melalui uji t-non independen dan uji-t independen. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,66, sedangkan pada kelas kontrol 64,33. Artinya, teknik improvisasi dalam pembelajaran drama pada kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 bermanfaat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran drama. Hasil uji t-non independen dengan taraf signifikansi 0,05% dan t tabel 1,70, pada kelas eksperimen diperoleh hasil 9,02 dan pada kelas kontrol 6,32. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik improvisasi lebih efektif dibandingkan dengan tidak menggunakan teknik improvisasi dalam pembelajaran drama, karena hasil uji t-non independen menunjukan bahwa hasil kelas eksperimen lebih besar dibandingkan hasil kelas kontrol, yaitu 9,02 > 6,32. Pada hasil uji t-independen dengan taraf signifikansi 0,05% dan t tabel 1,70 diperoleh hasil 5,43. Hal ini menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik improvisasi efektif digunakan pada kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
15095013190 | SAN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain