Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA KOMIK DAN KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA TAHUN AJARAN 2014/2015
YULFAENI, ANI. 2015. “Pengaruh Kebiasaan Membaca komik dan kebiasaan menyimak tayangan kartun terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada pesertadidik kelas X SMA”. Skripsi pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1. Prof Dandan Supratman, M.Pd.; Pembimbing II. Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M,Hum. Kata Kunci : Pengaruh Kebiasaan Membaca komik dan kebiasaan menyimak
tayangankartun terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan meyakinkan pengaruh kebiasaan membaca dan pengaruh kebiasaan menyimak tayangan manakah yang lebih kuat antara dua variable yaitu kebiasaan membaca komik dan kebiasaan menyimak tayangan kartun di televise terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada pesertadidik kelas X SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA sekabupaten Pemalang Yang diambil dari dua sekolah SMA Negeri 1 Comal dan SMA Negeri 1 Ulujami. Pengambilan menggunakan sampel random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 peserta didik . Metode pengumpulan data yang digunkan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi liniear ganda dan uji liniar sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada taraf signifikasi 5% ada perbedaan pengaruh. Ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan membaca komik dan menyimak tayangan kartun terhadap kemampuan menulis teks anekdot sebesar 95,2%. Kemudian diketahui ada pengaruh yang lebih kuat antara membaca komik terhadap kemampuan menyimak tayangan kartun sebesar 13,5% dan ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menyimak tayangan kartun terhadap kemampuan menulis teks anekdot sebesar 41,97% Berdasarkan hasil peelitian ini , maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan membaca komik dan menyimak tayangan kartun dalam kegiatan ini disarankan guru banyak memberi motivasi dan mampu memanfaatkan kebiasaan peserta didik dijadikan sebagai sumber inpirasi untuk meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot.
15115000540 | ANI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain