Skripsi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
KHUMAEROH, ANI. 2015 “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma NadiaSebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMA” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Hj. Sri Mulyati. M. Pd. Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum. Kata kunci: PendidikanKarakter, Novel, Implikasi Penelitian ini, membahas pendidikan karakter pada novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia sebagai dalam pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia dan 2) mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Rumah Tanpa Jendelakarya Asma Nadia dan data dikumpulkan dengan cara studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsif. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penyajian hasil analisis data dalam bentuk informal. Hasil penelitian menunjukan, bahwa dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia mengandung pendidikan karakter dengan adanya kata-kata yang bermakna di dalamnya. Data pada penelitian ini berupa kutipan kalimat dan paragraph dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia, disajikan penulis dengan pemaparan atau pembahasan secara terperinci sesuai dengan kajian yang diacu yaitu analisis pendidikan karakter pada novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Dari enam pokok bahasan diperoleh data dengan keseluruhan jumlah 29 kutipan yang memiliki persentase 100%, yang terdiri dari (1) Religiusada 6 kutipan dengan presentase 20,68%; (2) Komunikatif ada 3 kutipan yang memiliki presentase 10,34%; (3) Mandiri ada 5 kutipan dengan persentase 17,24%; (4) Kerja keras ada 5 kutipan dengan peresentase 17,24%; (5) Toleransi ada 6 kutipan dengan presentase 20,68%; (6) Kejujuran ada 4 kutipan dengan presentase 13,79%. Dari data di atas dapat disimpulkan data terbanyak terdapat pada nilai pendidikan karakter religius dan toleransi.
15115000520 | ANI n C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain