Skripsi
KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL KOBARAN CINTAKU KARYA RATNA SARUMPAET DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Sari, Stevi Suci Yulanda. 2015. ” Konflik Sosial dalam Novel Kobaran Cintaku Karya Ratna Sarumpaet dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing I Drs, Bowo Hermaji, M.Pd. dan Pembimbing II Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Kata kunci: konflik sosial, novel, implikasi, pembelajaran sastra di SMA. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah konflik sosial dalam novel Kobaran Cintaku karya Ratna Sarumpaet? 2) Bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran sastra Indonesia di SMA?. Berdasarkan masalah yang penulis rumuskan, maka tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut: 1) Mendiskripsikan konflik sosial yang terdapat dalam novel Kobaran Cintaku karya Ratna Sarumpaet. 2) Mendiskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah novel Kobaran Cintaku karya Ratna Sarumpaet dan referensi-referensi lainnya sebagai bahan pendukung teori yang akan digunakan sebagai bahan analisis. Wujud data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan kata, kalimat dan wacana yang menggambarkan konflik sosial dalam novel Kobaran Cintaku karya Ratna Sarumpaet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, yaitu dengan cara mencari data atau informasi dari buku-buku yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikanya dalam bentuk deskripsi.
Berdasarkan analisis, penulis menemukan bahwa konflik sosial yang terdapat dalam novel Kobaran Cintaku karya Ratna Sarumpaet ada 3 yaitu: 1) Konflik Peran Sosial meliputi: konflik dengan keluarga, konflik dengan orang tua, dan konflik dengan orang lain, 2) Konflik Kelompok-kelopmok Sosial meliputi: kekerasan, kemiskinan, dan konflik kelompok terorganisir , dan 3) Konflik Aagama meliputi: keretakan hubungan, kebudayaan, kerusakan dan hilangnya nyawa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel Kobaran Cintaku dapat dijadikan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran sastra di SMA. Karena dapat memberikan pandangan pengetahuan tentang konflik sosial dalam masyarakat.
15115001190 | SAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain