Skripsi
TUTURAN ANAK TUNARUNGU SLB N SLAWI DITINJAU DARI POLA DASAR KALIMAT
Prayitno, Bambang Budi. 2015. Tuturan Anak Tunarungu SLB N Slawi Ditinjau dari Pola Dasar Kalimat. Skripsi, Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing : 1. Dra. Sri Mulyati, M.Pd, ; 2. Sutji Muljani, M.Hum. Kata Kunci :Tuturan, Anak Tunarungu, Pola Dasar Kalimat Tindak tutur adalah suatu tuturan yang berfungsi psikologis dan sosial di luar wacana yang sedang terjadi, atau tindak tutur adalah tindakan-tindakan yang ditampilkan lewat tuturan.Tindak tutur memiliki fungsi psikologis dan sosial saat berkomunikasi dan sebagai sarana untuk melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan yang diucapkan lewat lisan. Kalimat dasar adalah kalimat yang berisi informasi pokok dalam struktur inti, belum mengalami perubahan.Tunarungu adalah mereka yang kehilangan pendengaran baik sebagian (hard of hearing) maupun seluruhnya (deaf) yang menyebabkan pendengarannya tidak memiliki nilai fungsional di dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimanakah tuturan anak tunarungu siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Slawi ditinjau dari pola kalimat dasarnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik metode padan. Simpulan peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah bahwa kemampuan anak tunarungu dalam menuturkan kalimat yang ditinjau dari pola kalimat dasarnya dilakukan dengan baik. Meskipun mereka mempunyai keterbatasan dalam melafalkan tuturannya, akan tetapi kemampuan mereka dalam menggunakan dan menuturkan kalimat tidak berbeda jauh dengan anak normal pada umumnya. Saran peneliti yaitu pentingnya pembelajaran mengenai pola kalimat dasar hendaknya dipahami guru bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh kalimat yang baik.
15115000560 | PRA t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain