Skripsi
SEMIOTIKA KOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
Yunita, Dini Erlia. NPM. 1511500061. 2015. ″Semiotika Komunikasi yang Digunakan dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Pembelajarannya di SMA″. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I, Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II, Sutji Muljani, M. Hum. Kata kunci : Semiotika Komunikasi, Novel Cinta Suci Zahrana
Penelitian ini membahas tentang semiotika komunikasi yang digunakan dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Pembelajarannya di SMA. Menerapkan novel sebagai media belajar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan menjadikan novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy sebagai bahan kajian tentang semiotika komunikasi dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan semiotika komunikasi yang digunakan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. 2) Mendeskripsikan implikasi pembelajaran novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pembahasan penelitian ini dilakukan dengan metode simak, catat dan pustaka. Peneliti melakukan penyimakan secara cermat, hasil penyimakan itu dicatat sebagai data. Secara terus-menerus lewat pembacaan teks sastra secara bolak-balik dari awal sampai akhir untuk mengungkapkan semiotika komunikasi dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Kemudian peranan perempuan dihubungkan dengan implikasi pembelajaran. Dari penelitian ini diketahui, yaitu 1) semiotika komunikasi yang berupa bahasa nonverbal ini dapat dilihat dari ekspresi wajah tokoh, gerak tubuh tokoh dan tindakan yang dilakukannya 2) semiotika komunikasi dalam novel ini juga berupa hubungan sebab akibat antara peristiwa satu dengan peristiwa lainnya dan, 3) benda-benda yang mengisyaratkan makna dalam komunikasi juga merupakan semiotika komunikasi yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Tanda dan teks semiotika verbal yaitu kalimat terdapat 25 tanda atau 56%, sedangkan tanda dan teks semiotika non verbal terdiri dari tiga yaitu ekspresi wajah tokoh sebanyak 5 tanda atau 11%, gerakan tubuh tokoh 1 tanda atau 2%, dan tindakan tokoh sebanyak 14 tanda atau 31%. Sumbangan novel Cinta Suci Zahrana bagi pengajar sastra di SMA untuk menambah wawasan atau masukan bagi para peminat sastra khususnya para pengajar di sekolah. Wawasan tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa nilai-nilai dalam novel ini dapat kita ambil atau contoh di dalam pembelajaran sastra di Indonesia Saran yang dapat disampaikan adalah guru sastra supaya dapat menerapkan novel Cinta Suci Zahrana ini untuk dijadikan salah satu media belajar untuk memahami sastra dan mengungkapkannya secara jelas sehingga siswa tidak berpikiran yang menyimpang dari apa yang ada dalam kandungan isi novel ini.
15115000610 | YUN s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain