Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ULUJAMI PEMALANG
Kusbiyanto. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia & Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Bowo Hermaji,M.Pd. Pembimbing II : Lely Triana, M.Pd. Kata kunci : model pembelajaran, menulis, teks eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan agar dapat memaksimalkan keaktifan dalam proses pembelajaran menulis paragraf teks eksposisi; (2) untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang; (3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran diskusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t non independen dan uji t independen dengan hasil korelasi product moment.
Dari analisis data diperoleh perhitungan nilai pretes dan postes pada kelas eksperimen adalah 14,94, sedangkan hasil dari perhitungan nilai pretes dan postes pada kelas kontrol 11,53. Hasil perhitungan uji t independen, menghasilkan uji thitung sebesar 9,09 yang menunjukkan bahwa thitung =9,09 > ttabel = 1,70 yang berarti hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima, bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Simpulan hasil penelitian adalah (1) guru memberikan motivasi bagi siswa agar dapat menulis karangan teks eksposisi lebih baik dan menyesuaikan antara judul dan isi karangan; (2) pemilihan model pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi minat siswa dalam memperhatikan pembelajaran. Guru hendaknya dapat bervariasi dalam memilih model pembelajaran agar siswa tidak bosan sehingga menjadi bermakna dan lebih optimal bagi siswa; (3) bagi siswa hendaknya lebih gigih, giat dalam belajar tentang menulis karangan teks eksposisi. Apabila guru tidak menarik dalam menyampaikan materi dengan model pembelajaran yang biasa, hendaknya siswa tetap memperhatikan.
15115000790 | KUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain