Skripsi
PENOKOHAN PADA NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Novitasari, Dian. 2015. Penokohan pada Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Tri Mulyono, M.Pd., Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum. / Syamsul Anwar, M.Pd. Kata kunci: penokohan novel, implikasi pembelajaran Novel adalah salah satu karya sastra yang memiliki rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan menonjolkan karakter tokoh melalui peristiwa yang dialami tokoh tersebut. Di dalam novel terdapat konflik yang dapat merubah karakter tokoh-tokoh novel. Rumusan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penokohan novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan bagaimana implikasi pembelajaran aspek penokohan novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi penokohan novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan mendeskripsi implikasi pembelajaran aspek penokohan novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy di SMA. Objek penelitian ini adalah novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan untuk penelitian adalah novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan wujud data berupa wacana yang terdiri dari kata dan kalimat yang saling berhubungan, sebagai objek kajiannya adalah penokohan pada novel dan implikasinya dalam pembelajaran di SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui karakter tokoh dan penyajian hasil analisis digunakan supaya hasil penelitian dapat dibaca dan dipahami. Hasil penelitian adalah karakter dari tokoh yang penelitiannya menggunakan metode telling dan showing terdiri dari beberapa karakterisasi yaitu karakterisasi melalui tuturan pengarang 42%, jatidiri tokoh yang dituju oleh penutur 22%, nada suara 4%, karakterisasi melalui tingkah laku 6%, kualitas mental para tokoh 6%, apa yang dikatakan penutur 16%, dan karakterisasi melalui penampilan tokoh 4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dapat dijadikan sebagai implikasi bahan materi pembelajaran sastra di SMA.
15115001410 | DIA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain