Skripsi
HUBUNGAN INTELEGENSI DAN PERSEPSI SISWA PADA KINERJA GURU MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada siswa kelas IX Semester II SMP Negeri se-Kecamatan Comal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Purwati, Ita 2015. “Hubungan Intelegensi dan Persepsi Siswa pada Kinerja Guru Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Se-Kecamatan Comal Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dra. Eleonora Dwi W, M. Pd. Prof. Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si.
Kata Kunci : Intelegensi, Persepsi siswa pada kinerja guru matematika, Prestasi Belajar
Penelitian ini membahas intelegensi dan persepsi siswa pada kinerja guru matematika serta hubungannya dngan prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan intelegensi dengan prestasi belajar, untuk mengetahui persepsi siswa pada kinerja guru matematika dengan prestasi belajar matematika dan untuk mengetahui adanya hubungan intelegensi dan persepsi siswa pada kinerja guru matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri se-Kecamatan Comal tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri se-Kecamatan Comal tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 1286 siswa yang terbagi dalam 5 sekolah, yaitu SMP N 1 Comal, SMP N 2 Comal, SMP N 3 Comal, SMP N 4 Comal, dan SMP N 5 Comal. pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate sampling. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi. Sebelumnya data diuji dengan uji liliefors dan uji bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan yang signifikan antara intelegensi dengan prestasi belajar matematika dengan tingkat hubungannya sebesar 58,5%. (2) ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa pada kinerja guru matematika dengan prestasi belajar matematika dengan tingkat hubungannya sebesar 75,5%. (3) ada hubungan yang signifikan antara intelegensi dan persepsi siswa pada kinerja guru matematika dengan prestasi belajar matematika dengan tingkat hubungannya sebesar 81,0%.
17115001110 | PUR h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain