Skripsi
STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DENGAN METODE ROUND CLUB DITINJAU DARI IQ TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Bangun Ruan
BUDIYANTI, ARI. 2015. NPM : 1711500006. Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Metode Two Stay-Two Stray (TS-TS) Dengan Metode Round Club Di Tinjau Dari IQ Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Materi Pokok Bangun Ruang Kubus dan Balok). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd.
Pembimbing II Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si.
Kata Kunci : Studi Komparasi, Two Stay-Two Stray (TS-TS), Round Club, IQ.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan metode TS-TS dengan siswa yang diajar menggunakan metode Round Club ditinjau dari IQ. (2) Metode yang lebih baik antara metode TS-TS dengan metode Round Club di tinjau dari IQ tinggi. (3) Metode yang lebih baik antara metode TS-TS dengan metode Round Club di tinjau dari IQ rendah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 8 kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi 2 arah. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan antara penggunaan metode TS-TS dan metode Round Club terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal, dengan IQ sama atau nilai prestasi tidak berpengaruh pada IQ siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rata-rata metode TS-TS sebesar 82,594 dan rata-rata metode Round Club sebesar 75,844 dengan α= 0.05 (sangat signifikan). Metode belajar memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
17115000060 | BUD s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain