Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Wanasari Pada Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Tahun Pelajaran 2014/2015 )
NURHARYATI, DEWY. 2015.Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Wanasari Pada Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd
Pembimbing II Moh. Shaefur Rokhman, M.Si
Kata Kunci : Model problem based learning, model pembelajaran ekspositori, kemampuan awal, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori; 2) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi diajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori; 3) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah diajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 4 Wanasari Tahun Pelajaran 2014/2015sebanyak276 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Terpilih kelas VII D, VII Ekelas eksperimen, kelas VII A, VII Bkelas kontrol dan kelas VII Ckelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas.Analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur dan uji benferoni dengan taraf signifikansi 5%, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan1) ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori; 2) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi diajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori; 3) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah diajar menggunakan model Problem Based Learningtidak lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori.
17105000260 | NUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain