Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2014/2015 )
RAHARJO, DANI ARDI. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik dan Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis (Suatu Penelitian pada Siswa SMP N 2 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 ). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., M.Pd
Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd.
Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Saintifik, Disposisi Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis.
Penelitian ini bertujuan: (1) Ada/tidak pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis. (2) Ada/tidak pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis. (3) Ada/tidak pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik dan disposisi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis. (4) Apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Dukuhwaru Kabupaten Tegal berjumlah 248 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel berjumlah 105 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji regresi linear ganda dan uji perbandingan 2 sampel.
Hasil penelitian ini: (1) Model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh 18,3% terhadap kemampuan penalaran matematis. (2) Disposisi matematis berpengaruh 53,89% terhadap kemampuan penalaran matematis. (3) Model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik dan disposisi matematis berpengaruh 61,3% terhadap kemampuan penalaran matematis. (4) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan pembelajaran konvensional.
17115001040 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain