Skripsi
KALIBRASI PARAMETER BUTIR TES URAIAN DENGAN PEMODELAN GRADED RESPONSE MODEL (GRM) (Studi Deskriptif Analisis Dokumen pada Butir Tes Ujian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015)
Suwardi. 2015. Kalibrasi Parameter Butir Tes Uraian Dengan Pemodelan Graded Pesponse Model (GRM) (Studi Deskriptif Analisis Dokumen pada Butir Tes Ujian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M. Pd Pembimbing II M. Shaefur Rhokman, M. Si Kata Kunci: Teori Respon Butir, Kalibrasi, Parameter, Graded Response Model (GRM) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) estimasi parameter tingkat kesukaran tes prestasi belajar matematika pada tes bentuk uraian ujian akhir semester (UAS) gasal SMP kelas VII di kabupaten Tegal model GRM, (2) estimasi parameter daya beda tes prestasi belajar matematika pada tes bentuk uraian UAS gasal SMP kelas VII di kabupaten Tegal model GRM, (3) kurva probabilitas menjawab benar berdasakan kemampuan peserta didik pada butir tes uraian UAS gasal SMP kelas VII di kabupaten Tegal model GRM, (4) fungsi informasi butir tes bentuk uraian UAS gasal SMP kelas VII di kabupaten Tegal pada penerapan item response teory (IRT) model GRM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh respon siswa dalam menyelesaikan soal uraian pada Ulangan Akhir Semester Gasal Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2014/2015. Anggota populasi tersebut siswa SMP N di Kabupaten Tegal, dengan sampel 705 respon yang terdiri dari 180 siwa SMP N 1 Pagerbarang, 179 siswa SMP N 1 Dukuhwaru, 179 siswa SMP N 1 Lebaksiu dan 177 siswa SMP N 3 Slawi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan teori respon butir model GRM dengan bantuan program R versi 3.1.2 package ltm. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) estimasi parameter tingkat kesukaran tes prestasi belajar matematika pada tes bentuk uraian UAS gasal SMP kelas VII di kabupaten Tegal model GRM sudah memenuhi persyaratan sebagai perangkat tes prestasi belajar, (2) estimasi parameter daya beda tes prestasi belajar matematika pada tes bentuk uraian UAS gasal SMP kelas VII di kabupaten Tegal model GRM sudah memenuhi persyaratan sebagai perangkat tes prestasi belajar, (3) kurva probabilitas menjawab benar berdasarkan kemampuan peserta didik pada butir tes uraian UAS gasal SMP kelas VII di kabupaten Tegal model GRM sudah konsisten, (4) fungsi informasi butir tes bentuk uraian UAS SMP kelas VII di kabupaten Tegal pada penerapan item response teory (IRT) model GRM sudah dapat menunjukan interval kemampuan peserta tes yang cocok untuk setiap butir.
17115000940 | SUW k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain