Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Studi Eksperimen pada Kelas X Semester 2 SMK Bina Islam Mandiri (BISMA) Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Statistika dan Peluan
PURWANINGSIH, HIDAYAH. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal (Studi Eksperimen pada Kelas X Semester 2 SMK Bina Islam Mandiri (BISMA) Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Statistika dan Peluang). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd ; Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si., M.Pd. Kata Kunci: keefektifan, model pembelajaran, proyek, prestasi belajar matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek yang memenuhi KKM sudah melampaui 75% (2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional. (3) Apakah pembelajaran pada materi pokok statistika dan peluang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal tinggi. (4) Apakah pembelajaran pada materi pokok statistika dan peluang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek tidak lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMK Bina Islam Mandiri (BISMA) Kersana kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive yang dilanjutkan dengan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak, uji t satu pihak kanan dan uji t satu pihak kiri yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek yang memenuhi KKM sudah melampaui 75% (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran secara konvensional. (3) Pembelajaran materi pokok statistika dan peluang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal tinggi. (4) Pembelajaran materi pokok statistika dan peluang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal rendah.
17125001390 | HID k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain