Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SLAWI
SANTOSO, A. NGUDI. 2015. Keefektifan Metode Cooperative Integrated Reading Composition dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Slawi”. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dan Pembimbing II Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Kata kunci : pembelajaran menulis deskripsi, metode CIRC Pembelajaran Menulis Deskripsi dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara berkelompok yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran yang diantaranya menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading Composition. Penulis mengkaji dua masalah yaitu Bagaimanakah keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Slawi? Apakah metode cooperative integrated reading composition efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Slawi? Penulis dalam penelitian ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan metode pembelajaran cooperative integrated reading composition, (2) kelompok II (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar dengan tanpa metode pembelajaran cooperative integrated reading composition sebanyak masing-masing 23 sampel. Data penelitian diperoleh dari hasil tes menulis deskripsi. Berdasarkan hasil tes tersebut nilai rata-rata kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 6,49 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 2,42 dengan t tabel 1,70. Jadi, Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative integrated reading composition. Penggunaan metode pembelajaran cooperative integrated reading composition dalam menulis deskripsi akan terjadi perubahan sikap dan perilaku siswa. Siswa menjadi lebih semangat dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar memberikan variasi metode baru yaitu Cooperative Integrated Reading Composition dalam pembelajaran menulis deskripsi agar memberikan motivasi kepada siswa lebih aktif, tertarik, dan berminat dalam mengikuti pembelajaran.
15115001330 | SAN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain