Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA KORAN DAN KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN ON THE SPOT DI TELEVISI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA
INDRA TRI, SAPUTRA. 2015. “Pengaruh Kebiasaan Membaca Koran dan Kebiasaan Menyimak Tayangan On the spot di Televisi terhadap Kemampuan Menulis Karangan Ekposisi Peserta Didik Kelas X SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Prof. Dr. Dandan Supratman, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Kata Kunci : kebiasaan membaca koran, kebiasaan menyimak tayangan, kemampuan menulis karangan eksposisi Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan membaca koran ataukah kebiasaan menyimak tayangan on the spot di televisi terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi pada peserta didik kelas X di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang paling kuat antara kebiasaan membaca koran dan kebiasaan menyimak tayangan on the spot terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi kelas X SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data kemampuan menulis dongeng dilihat dari faktor kebiasaan membaca buku kumpulan cerita rakyat dan kebiasaan menyimak tayangan Pada Zaman Dahulu di MNC TV peserta didik kelas VII SMP. Sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah data kemampuan menulis dongeng pada 50 peserta didik dari dua sekolah yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebiasaan menyimak tayangan on the spot lebih rendah pengaruhnya daripada kebiasaan membaca koran terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi dengan tingkat pengaruhnya sebesar 13,5%. Kemudian diketahui kebiasaan membaca koran berpengaruh kuat terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi dengan tingkat pengaruhnya sebesar 59,2%.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca koran terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi pada peserta didik kelas X di SMA. Artinya semakin tinggi peserta didik membaca koran maka semakin tinggi pula kemampuan peserta didik dalam menulis karangan eksposisi.
15115001230 | SAP p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain