Skripsi
KEEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas Vii Semester II SMP Negeri 04 Brebes Materi Pokok Segi Empat Tahun Pelajaran 2014/2015)
HIKMAH, NUR. 2015. “Keeefektifan Model Pembelajaran Heuristik Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas Vii Semester II SMP Negeri 04 Brebes Materi Pokok Segi Empat Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal. Drs. Ponoharjo, M.Pd dan Hj. Isnani, M.Si, M.Pd
Kata Kunci : kefektifan, Model Heuristik, Pendekatan Penemuan Terbimbing, Minat, Prestasi Belajar Matematika
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing mencapai target; Peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap minat maupun prestasi belajar matematika; Adanya perbedaan antara minat dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran heuristik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika materi pokok segi empat pada siswa kelas VII SMP Negeri 04 Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Brebes Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih satu kelas eksperimen, satu kelas kontrol, dan satu kelas uji coba. Metode pengambilan data dengan metode dokumentasi, angket dan metode tes. Sebelumnya angket dan tes diujicobakan terlebih dahulu pada kelas uji coba. Dan pengolahan data menggunakan uji proporsi t satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji manova-one away, uji hotteling dimana sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Prestasi belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap minat maupun prestasi belajar matematika. Ada perbedaan antara minat dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran heuristik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika VII SMP Negeri 04 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.
17115000330 | HIK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain