Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (Suatu PTK bagi Peserta Didik Kelas VIII A Semester Genap SMP Muhammmadiyah Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Kubus, Balok, Prisma, Da
NURHIDAYATI. 2015.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Menggunakan Multimedia (Suatu PTK bagi Peserta Didik Kelas VIII ASemester Genap SMP Muhammadiyah Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014 / 2015 pada Materi Pokok Kubus, Balok, Prisma,dan Limas). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiddikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora D.W., M.Pd; Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M. Pd
Kata Kunci : reciprocal teaching, multimedia, hasil belajar matematika.
Permasalahan yang diangkat pada penelitian tindakan kelas ini adalah apakah penerapan model pembelajaran reciprocal teachingdengan menggunakan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A Semester Genap SMP Muhammadiyah PangkahKabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan menggunakan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A Semester Genap SMP Muhammadiyah Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Subjek yang dijadikan penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A semester Genap SMP Muhammadiyah Pangkah KabupatenTegal tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 anak, terdiri atas 18 laki-laki dan 11 perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus, dan pada setiap akhir siklusnya dilakukan tes akhir siklus.
Hasil pengamatan dan refleksi siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa: pertama, aktivitas dan kemandirian peserta didik mengalami peningkatan. Peserta didik terlihat lebih aktif dalam pembelajaran baik pada saat mengerjakan tugas kelompok maupun mandiri. Kedua, hasil belajar matematika peserta didik pada subjek penelitian melalui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan menggunakan multimedia mengalami peningkatan.
17135001380 | NUR u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain