Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015)
KURNIAWAN, MUKHLIS. 1711500077. 2015. “Keefektifan Penerapan Metode Improve dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash terhadap Prestasi Belajar Matematika (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015)”. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Drs. Suwandono, M. Pd, Pembimbing II : Munadi, M. Si.
Kata Kunci : Keefektifan, Metode Pembelajaran Improve, Macromedia Flash, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan : (1) membuktikan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Improve berbantuan Macromedia Flash dibandingkan dengan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Ekspositori. (2) membuktikan bahwa penerapan metode Improve dalam pembelajaran matematika berbantuan Macromedia Flash lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori.
Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tarub, kabupaten Tegal. Jumlah populasi sebanyak 323 peserta didik. Jumlah sampel adalah 72 peserta didik. Sampel terdiri dari dua kelompok, tiap kelompok terdiri dari 36 peserta didik. Kelompok 1 adalah kelas VIII D, peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran Improve berbantuan Macromedia Flash, dan kelompok II adalah kelas VIII C, peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran Ekspositori.
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian, terdiri dari 10 soal dan dikerjakan dalam waktu 80 menit. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument, penulis mengujicobakan instrument dengan memberikan tes kepada 35 peserta didik, yang mempunyai kompetensi yang sama sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Improve berbantuan Macromedia Flash dibandingkan dengan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Ekspositori. (2) Penerapan metode Improve dalam pembelajaran matematika berbantuan Macromedia Flash lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Tarub Tahun Ajaran 2014/2015).
17115000770 | KUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain